LITTLE EXPLORER EL HANA






LITTLE EXPLORER ELHANA BUSY BAG

Retail RM48

Pos SM RM9, SS RM14

====
*0.68kg
*K6.5
*S2
*MD1.5








ITTLE EXPLORER yang berisi beberapa set aktiviti yang berhubungan dengan eksplorasi alam sekitar dan percobaan ilmiah.
Permainan-permainan dalam Little Explorer bertujuan untuk memberikan wawasan tentang alam sekitar untuk mengasah kepekaan anak-anak terhadap lingkungan, dengan beberapa kecakapan yang diharapkan bisa muncul, di antaranya :
• Melatih kemampuan klasifikasi dan memasangkan.
• Mengenal warna dan mengamati reaksi dari perubahan warna.
• Melakukan pengamatan untuk melihat munculnya sebab dan akibat.
• Melakukan percubaan ilmiah sederhana.
• Mengenal lebih dalam tentang air, tumbuhan, sayuran dan binatang yang merupakan karuia Allah yang diciptakan untuk boleh kita manfaatkan dan kita lestarikan.
• Mengasah imaginasi.
• Menumbuhkan kepekaan tehadap alam dan lingkuan sekitar
• Menstimulasi otak kanan dan kiri
• Melatih indera sensorik
• Membangun inisiatif
• Menumbuhkan kepercayaan diri
• Membangun kedekatan orang tua dan anak
• Jika dimainkan bersama dapat membangun rasa empati,menahan diri, kemampuan menunggu dan bergiliran, serta kemampuan sosial lainnya.

==========

Little Explorer adalah produk terbaru El Hana yang berisi beberapa set aktivitas yang berhubungan dengan eksplorasi alam sekitar dan percobaan ilmiah. Permainan-permainan dalam Little Explorer bertujuan untuk memberikan wawasan tentang alam sekitar untuk mengasah kepekaan anak-anak terhadap lingkungan dan alam sekitarnya dengan melakukan berbagai aktiviti yang juga diharapkan mampu menstimulasi sensori motor mereka. Berikut macam-macam permainan dalam Little Explorer :


1. Tenggelam dan terapung
Permainan mengklasifikasi benda-benda yang ada di keseharian anak yang dapat ditemukan di rumah, apakah benda-benda tersebut akan tenggelam atau terapung jika dicelupkan ke dalam air. Anak-anak senang mengamati dan melakukan percubaan terhadap benda-benda di sekitarnya dan mereka akan takjub menemukan bahwa setiap benda menghasilkan reaksi yang berbeza jika dicelupkan ke dalam air. Anak akan menyedari bahawa semua benda terbuat dari bahan yang berbeza-beza sehingga bahan dasar itu yang menyebabkan perbezaan reaksi apakah dia akan tenggelam atau terapung. Anak yang lebih besar (usia SD) biasa juga mulai mempelajari bahan dasar dari tiap benda tersebut.
Spesifikasi : – Mat 1 lembar
– Spidol (erasable marker), yang juga digunakan untuk 2 permainan lainnya.
Tambahan alat yang perlu disiapkan orang tua: ember/baskom, air, benda-benda seperti pada gambar di dalam mat atau lainnya yang mudah ditemukan dan tidak berbahaya.

2.Temu Warna

Permainan mengenal warna, mencampurnya dan menemukan warna baru. Pada umumnya anak balita sudah mulai mengenal macam-macam warna. Namun akan lebih menyenangkan bagi mereka jika mereka juga tahu bahwa sebagian warna tercipta dari pencampuran dua atau lebih warna dasar. Biarkan anak melakukan percubaan pencampuran untuk melihat perubahan warna ketika beberapa warna dicampur dan mereka merasakan kegembiraan sudah berhasil menemukan warna baru.


Spesifikasi : – Mat 1 lembar

– 3 botol pewarna makanan warna merah, biru dan kuning

– Spidol (yang juga digunakan untuk permainan tenggelam dan terapung)

Tambahan alat lain yang diperlukan: sedikit air untuk melarutkan pewarna, 4 wadah transparan seperti bekas gelas air mineral dan semisalnya.
3.Jelajah Alam
Permainan menemukan dan mencari benda-benda alam di sekitar kita. Ajak anak keluar rumah ke suatu kebun, taman atau tempat lainnya di mana terdapat banyak benda alam. Bawa mat jelajah alam, lup/kaca pembesar, spidol, dan peralatan lainnya yang kira-kira dibutuhkan saat anak mengamati alam. Anak dapat melakukan pengamatan, menemukan hal-hal baru, dan orang tua bisa terbantu mengarahkan anak ketika melakukan jelajah alam dengan adanya mat yang tersedia. Sehingga aktivitas jalan-jalan bersama di alam bebas boleh lebih terarah dan lebih mendukung stimulasi sensori anak.
Spesifikasi : – Mat 1 lembar
– Lup/kaca pembesar
– Spidol (yang juga digunakan untuk 2 permainan sebelumnya)
Tambahan alat lain yang mungkin diperlukan saat jelajah alam: tas, botol minum, dll.
4. Aku dapat makan semua bahagian tumbuhan
Permainan mengenal bahagian-bahagian dari tumbuhan dan berbagai jenis sayuran. Ibu bapa dapat menjelaskan ke anak bahawa sebahagian sayuran termasuk jenis akar, sebagiannya termasuk jenis daun, dan sebagainya seperti pada gambar bagan pohon dan sayuran. Lalu ajak anak mengklasifikasi potongan sayuran ke tabel-tabel yang tersedia. Jika potongan sayuran tersebut merupakan daun, maka letakkan di kolom daun. Jika merupakan buah maka letakan di kolom buah. Potongan sayuran boleh berganti setiap harinya sesuai sayur yang hendak dimasak atau dimakan di rumah hari itu. Ceritakan juga manfaat sayuran secara umum kepada anak. Diharapkan kerana berinteraksi lebih dalam mengenal sayuran, anak-anak boleh dengan senang hati memakan sayur-sayuran. 
Spesifikasi: – 2 lembar mat:
1 lembar mat bergambar bagan tumbuhan dan jenis sayur 
1 lembar mat berisi tabel untuk mengklasifikasi potongan sayur
Tambahan alat lain yang dibutuhkan: potongan kecil berbagai sayuran yang terdapat di rumah untuk dikelompokkan di dalam mat tabel klasifikasi sayuran.
5. Di mana Aku Tinggal
Permainan mengelompokkan binatang sesuai dengan habitatnya. Berbagai kepingan binatang diletakkan di atas salah satu dari 3 mat bergambar 3 jenis habitat: darat, laut/air dan udara. Pertama anak-anak boleh diajak mengenal macam-macam binatang tersebut dan tempat hidupnya, juga ciri-ciri yang menandai mengapa mereka hidup di habitat tersebut. Misal, binatang udara pasti memiliki sayap, binatang laut/air memiliki tekstur yang licin sehingga mudah menyelam di dalam air, binatang darat memiliki kaki untuk berjalan, dsb. Setelah selesai mengelompokkan semua kepingan binatang sesuai habitatnya, kepingan binatang juga boleh digunakan untuk bermain peran/pretend play. 
Spesifikasi : – 3 mat bergambar habitat: daratan, lautan/air, dan langit/udara.
– kepingan berbagai macam binatang.
6. Poster Kitaran Air
Poster ini dapat dipajang untuk bahan bercerita ke anak bagaimana air terbentuk dan sumber-sumber air di sekitar kita. Perjalanan air yang berputar membentuk semacam siklus yang menarik dan penting untuk diketahui anak-anak sebagai wawasan, penamabah kosa kata dan upaya menciptakan kesadaran untuk menggunakan air dengan hemat dan bijak.
Spesifikasi Bahan dan Material:
– Semua mat dan kepingan berbahan Art Carton 400 gram
– Poster berbahan Art Paper 120 gram
– Magnifier/Lup/Kaca Pembesar bergagang plastik merk Joy Art diameter 9 cm


=====
PERHATIAN: 
Semua permainan di dalam Little Explorer bisa dimainkan mulai anak usia 3 tahun ke atas. Namun untuk anak 3 tahun dan kisaran usia balita/TK masih harus didampingi orang tua / guru dalam semua permainan, terutama untuk menjelaskan secara sederhana berbagai materi pengetahuan alam yang terkandung di dalam permainan tersebut. Sementara untuk anak usia SD sudah biasa melakukan berbagai permainan dalam Little Explorer secara mandiri.




No comments

Powered by Blogger.